Pengertian Limbah Organik, Jenis, Prinsip Pengolahan Terlengkap

Posted on

Pengertian Limbah Organik, Jenis, Prinsip Pengolahan Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Limbah Organik. Yang meliputi pengertian, jenis dan prinsip pengolahan limbah organik dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Limbah Organik

Limbah merupakan bahan sisa yang diperoleh dari proses produksi atau sisa kegiatan baik pada skala rumah tangga, industri, pertambangan dan lain sebagainya. Ciri-ciri atau karakteristik limbah antara lain:

  • Ukurannya kecil atau mikro
  • Sifatnya dinamis
  • Memiliki dampak luas (persebarannya)
  • Memiliki dampak jangka yang panjang (antar generasi)

Menurut sifatnya, limbah dibagi menjadi dua jenis yaknik limbah organik (limbah yang cepat terurai) dan limbah anorganik (limbah yang sulit terurai).

Definisi lain dari limbah organik adalah limbah yang bisa diuraikan dengan sempurna oleh proses biologi secara aerob ataupun anaerob. Limbah organik tersusun atas bahan-bahan yang sifatnya organik seperti dari aktivitas rumah tangga ataupun aktivitas industri.
Pengertian Limbah Organik, Jenis, Prinsip Pengolahan

Limbah organik ini juga dapat dengan mudah terurai dengan proses yang alami. Limbah ini mempunyai sifat kimia yang stabil menjadikan zat tersebut akan mengendap ke dalam tanah, dasaran sungai, danau dan juga laut dan kemudian akan mempengaruhi organisme yang hidup didalamnya.

Limbah organik juga bersifat mudah membusuk, misalnya pada limbah organik antara lain sisa-sisa makanan, dedaunan, ranting pohon, kotoran manusia maupun hewan, kertas, kulit pohon, tulang dari makhluk hidup dan lain-lain.

Limbah organik dapat mengalami pelapukan (dekomposisi) dan terurai menjadi bahan yang lebih kecil dan tidak berbau atau yang sering dinamakan dengan kompos.

Kompos ialah hasil pelapukan bahan-bahan organik seperti dedaunan, jerami, alang-alang, sampah, rumput dan bahan lain yang sejenis yang proses pelapukannya dipermudah dengan bantuan manusia.

Sampah pasar khusus misalnya pasar sayur mayur, pasar buah, atau pasar ikan mempunyai jenis sampah yang relatif sama dan seragam, beberapa sebagian besar atau 95% dalam bentuk sampah organik menjadikan lebih mudah diatasi.

Sampah yang bersumber dari pemukiman pada umumnya sangat banyak jenisnya, tetapi secara umum minimal 75% terdiri dari sampah organik dan sisanya sampah anorganik.

Jenis-Jenis Limbah Organik Dapat Diolah

Limbah organik dibagi menjadi dua jenis atau macam, yakni:

Limbah Organik Basah

Limbah organik basah merupakan sampah yang didalamnya terdapat kandungan air sangat tinggi. Contoh dari limbah organik basah yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan antara lan kulit jagung, kulit bawang, kulit buah, biji-bijian, daun-daunan, jerami dan lain-lain.

Pengelolaan limbah organik basah dapat dilakukan dengan cara mengeringkan dengan bantuan sinar matahari sampai kadar airnya menjadi habis. Kemudian limbah yang telah kering bisa dijadikan berbagai produk kerajinan.

Limbah Organik Kering

Limbah organik kering merupakan sampah yang mempunyai kandungan air cukup rendah. Contoh limbah kering antara lain kertas, kardus, kerang, tempurug kelapa, sisik ikan, kayu, kulit telur, serbuk gergaji dan lain sebagainya. Limbah organik kering bisa didaur ulang menjadi beberapa jenis kerajinan.

Prinsip Pengolahan Limbah Organik

Dalam pengolahan limbah organik terdapat beberapa prinsip yang digunakan agar limbah nantinya bisa dimanfaatkan bukan untuk menghasilkan limbah baru yang bisa merusak lingkungan, tetapi limbah ini nantinya akan dimanfaatkan. Berikut prinsip pengolahan limbah organik, antara lain:

Reduce (Mengurangi)
Adalah usaha meminimalisir barang atau material yang digunakan, dalam hal ini semakin banyak menggunakan material, maka semakin banyak sampah yang dihasilkan.

Reuse (Menggunakan Kembali)
Adalah memilih barang-barang yang sekiranya masih layak dipakai dengan cara menghindari penggunaan barang-barang yang hanya sekali pakai kemudian dibuang.

Recycle (Mendaur Ulang)
Adalah menggunakan kembali barang-barang yang dianggap sudah tidak dipakai untuk kemudian dilakukan daur ulang kembali menjadi barang lain yang bisa dimanfaatkan. Meskipun tidak semua barang bisa didaur ulang, namun masih banyak industri kecil dan rumah tangga yang menggunakan sampah menjadi barang lain.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Limbah Organik, Jenis, Prinsip Pengolahan Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: