Pengertian Paragraf Analogi, Ciri-Ciri, Contoh Terlengkap

Posted on

Pengertian Paragraf Analogi, Ciri-Ciri, Contoh Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Paragraf Analogi. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri dan contoh paragraf analogi dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Paragraf Analogi

Paragraf analogi merupakan jenis paragraf yang mempunyai penalaran induktif. Paragraf analogi disebut juga sebagai paragraf yang membandingkan antara dua hal yang mempunyai kemiripan atau hampi sama satu sama lain yang akan diambil kesimpulan di akhir paragraf.

Paragraf ini memiliki penalaran induktif maka paragraf analogi mempunyai pola yaitu sebagai berikut:

  • Khusus
  • Khusus
  • Umum

Di awal paragraf ini memberi pemaparan dua hal yang akan menjadi topik pembicaraan, selanjutnya kalimat-kalimat berikutnya menjelaskan persamaan yang dimiliki oleh dua hal tersebut. Yang harus diingat adalah pembanding tersebut haruslah sama dan sepadan.

Sepadan artinya kedua hal itu mempunyai tingkatan ranah pembahasan yang sama dan tidak timpang atau malah bertentangan satu sama lain. Kemudian di akhir paragraf, persamaan-persamaan kedua objek tadi diambil kesimpulan.

Ciri-Ciri Paragraf Analogi
Pengertian Paragraf Analogi, Ciri-Ciri, Contoh

Apabila melihat paragrafnya, paragraf analogi memiliki beberapa ciri-ciri yaitu sebagai berikut:

  • Paragraf ini membandingkan dua hal secara bergantian yang mempunyai tingkat kesetaraan yang seimbang. Hal yang bisa dibandingkan bisa dalam bentuk benda, kejadian, kondisi, maupun proses.
  • Kalimat-kalimat penjelas dalam paragraf analogi seringkali dalam bentuk persamaan-persamaan yang dimiliki oleh dua hal yang dianggap sama.
  • Paragraf analogi mempunyai kalimat utama yang berada di bagian akhir paragraf atau yang disebut dengan kesimpulan yang mana ini adalah penjelas dari ide awal yang dikemukakan.

Contoh Paragraf Analogi

Contoh 1
Mengetahui jalur jalan bisa membantuk kita untuk sampai pada tempat yang ingin kita tuju dan terhindar dari kesesatan arah. Seperti itu juga dengan pedoman hidup. Dengan kita mempunyai pedoman hidup, kita dapat menjalani hidup kita sesuai dengan arah yang benar, menjadikan kita tidak akan tersesat ke jalan atau perbuatan yang salah. Oleh sebab itu, mempunyai pedoman di dalam kehidupan sangatlah penting untuk setiap manusia.

Contoh 2
Ladang merupakan tempat untuk para petani dalam menanam tanamannya. Di ladang, para petani harus menanam dan mengurus tanamannya secara telaten, sabar dan memakai cara yang benar.

Hal itu dilakukan agar tanaman yang ditanaman bisa menghasilkan buah atau sayuran yang baik dan berkualitas. Kelak, hasil dari tanaman itu dapat dijual atau dikonsumsi oleh para petani di rumah mereka masing-masing.

Hal yang sama juga berlaku dalam menjalani kehidupan. Dalam hidup, kita juga harus berusaha dan berbuat baik. Apabila dilalkukan dengan baik dan benar, maka semua usaha dan perbuatan baik tersebut akan menghasilkan sesuatu yang berguna untuk diri sendiri dan orang lain, baik di dunia ataupu diakhirat.

Contoh 3
Sifat manusia ibaratnya seperti padi yang terhampar luas dipersawahan. Padi yang bagus dan berisi akan semakin menunduk. Seperti itu pula dengan manusia pada saat meraih kepandaian, kebesaran dan kekayaan, mereka akan semakin rendah hati serta dermawan.

Jika manusia itu sombong dan arogan mereka akan menjadi padi kosong yang selalu berdiri tegak. Tetapi apabila terkena angin yang cukup kuat padi akan mudah patah. Seperti itu yang manusia dapatkan jika sombong dan arogan, menjadikannya hancur terkena cobaan dalam hidupnya. Oleh sebab itu kita sebagai manusia yang memiliki ilmu jika diberikan kepandaian dan kelebihan, hendaklah bersikap seperti padi yang semakin berisi semakin merunduk.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Paragraf Analogi, Ciri-Ciri, Contoh Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: