Pengertian Debat Aktif, Tujuan, Manfaat, Unsur, Langkah-Langkah Terlengkap

Posted on

Pengertian Debat Aktif, Tujuan, Manfaat, Unsur, Langkah-Langkah Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Debat Aktif. Yang meliputi pengertian, tujuan, manfaat, unsur dan langkah-langkah dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan Spengetahuan.Com dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Debat Aktif

Debat merupakan aktivitas adu argumentasi antara dua pihak atau lebih baik untuk perorangan maupun kelompok dalam melakukan diskusi dan memutuskan masalah dan perbedaan. Hendri Guntur Tarigan menyatakan debat adalah saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan satu pihak.
Pengertian Debat Aktif, Tujuan, Manfaat, Unsur, Langkah-Langkah

Definisi debat aktif lainnya yaitu suatu bentuk terorita atau argumen baik secara lisan ataupun tulisan antara dua orang atau kelompok yang berbeda opini, dengan cara saling menyerang atau memberikan pengaruh supaya mau menjalankan, bertindak, mengikuti atau sedikitnya mempunyai kecenderungan sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh pembicara atau penulis. Metode debat memiliki kelebihan yakni dapat sebagai pembangkit keberanian mental dalam berbicara dan bertanggung jawab terhadap pengetahuan yang dikuasai.

Tujuan Debat Aktif

Tujuan dari debat aktif adalah sebagai latihan seseorang atau peserrta duduk supaya mencari argumentasi yang kuat dalam memecahkan suatu masalah yang kontroversial dan juga mempunyai sikap demokratis dan saling menghormati terhadap perbedaan pendapat.

Dan juga, tujuan dilaksanakan metode debat aktif di kelas adalah untuk melatih peserta didik untuk berfikir kritis, melatih peserta didik untuk menyatakan pendapat dengan baik dan benar, melatih peserta didik untuk bisa paham alur pikir orang lain yang berseberangan dengannya, dan juga melatih peserta didik untuk menumbuhkan ide atau gagasan baru dari hasil kajiannya.

Manfaat Debat Aktif

Hall (2011:5) menyatakan manfaat debat aktif yakni:

  • Sebagai perangsang kemampuan berfikir kritis melalui berbagai cara
  • Sebagai perangsang kepada topik kontroversial
  • Menyimak dan mencari tahu sisi positif dan negatif dari suatu isu
  • Belajar berpikir sistematis dan analitis
  • Untuk melakukan komunikasi hasil pemikiran terhadap orang lain.

Unsur-Unsur Debat Aktif

Arifin (2007:45), menyatakan ada beberapa unsur debat aktif antara lain sebagai berikut:

Tema
Tema merupakan masalah atau permasalahan yang akan diulas dan dilakukan pengembangan dalam debat. Tema debat ini sebaiknya ditetapkan dan dipublikasikan terlebih dahulu sebelum debat dilaksanakan.

Moderator
Moderator merupakan orang yang memulai jalannya debat. Sebagai pemimpin debat, moderator bersikap sebagai pemandu, penengah atau sejenis menjadi wasit pembicaaraan dalam debat.

Peserta
Peserta merupakan orang yang mengambil peran dan terlibat langsung untuk memberikan sumbang sih gagasan dalam debat. Peserta debat dapat tersusun atas perorangan atau kelompok yang saling berseberangan yakni pihak yang mendukung dan yang menyangkal.

Pendengar
Pendengar harus dapat mengembangkan dirinya supaya menjadi pendengar yang baik, seringkali pendengar akan diminta menjelaskan pendapat di hasil debat.

Waktu
Pihak yang menyelenggarakan harus membuat rancangan alokasi waktu debat sesuai dengan keperluan, para peserta harus diberi kesempatan secukupnya untuk menerangkan usul mereka dengan jelas. Seharusnya penjabaran alokasi waktu dijabarkan kepada peserta debat lebih dulu sebelum debat dimulai.

Langkah-Langkah Debat Aktif

Silberman (2014:141) menyatakan ada langkah-langkah debat aktif antara lain sebagai berikut:

  • Merancang pernyataan yang mengandung pendapat tentang isu kontroversial yang terkait dengan mata pelajaran
  • Melakukan pengelompokkan siswa ke dalam kelompok pro dan kontra dengan jumlah sama banyak
  • Membuat dua hingga empat sub kelompok dalam setiap kelompok pro dan kontra. Di setiap sub kelompok tersusun atas siswa yang mempunyai prestasi sangat baik sampai yang kurang baik. Dengan bahasa lain, sub kelompok dibuat heterogen.
  • Dibat aktif diawali dengan meminta perwakilan masing-maing sub kelompok memberikan argumen pembuka
  • Meminta setiap sub kelompok memberikan argumen tandingan kepada argumen kelompok lawan.
  • Argumen tandingan disampaikan dengan cara bergilirian sesuai dengan penduan guru. Siswa diminta memberikan tepuk tangan di setiap sub kelompok yang sudah menyampaikan argumen tandingan.
    Apabila sudah cukup, maka aktivitas debat aktif bisa dihentikan. Siswa diminta duduk melingkar dan duduk bersebelahan dengan siswa yang berasal dari pihak lawan debatnya.

Siswa dan guru melakukan diskusi kembeli persoalan yang diperdebatkan dan juga meminta siswa mengetahui argumen terbaik yang dikemukakan kedua belah pihak.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Debat Aktif, Tujuan, Manfaat, Unsur, Langkah-Langkah Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: